Google search engine
HomeLingkunganCegah Banjir, Koramil 0602-20/Pamarayan Bersihkan Aliran Sungai

Cegah Banjir, Koramil 0602-20/Pamarayan Bersihkan Aliran Sungai

Reportase : Nono / Aliudin.                              Editor : Hairuzaman.

SERANG – Kabarexpose.com —

Memasuki musim penghujan, Koramil 0602-20/Pamarayan, Kodim 0602/Serang, melaksanakan kegiatan Karya Bakti (Karbak) pembersihan sampah, yang ada di aliran sungai Tambak dan Pamarayan guna mencegah terjadinya bencana banjir. Kegiatan itu bertempat di Kampung Sanintenx Desa Malabar, Kecamatan Bandung, Kabupaten Serang Provinsi Banten, pada Senin (04/12/2023).

Komandan Kodim (Dandim) 0602/Serang, Letnan Kolonel (Letkol) Inf Mulyo Junaidi, SE., M.Tr (Han), bersama Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0602/Serang, Mayor Chb Dandi Irwansyah, saat berada di lokasi Karya Bakti tersebut menyatakan,  kegiatan itu dalam pelaksanaannya melibatkan semua unsur. Mulai dari anggota Kepolisian dan pihak pemerintah daerah melalui instansi terkait lainnya.

Ia menjelaskan, mengingat bulan ini sudah memasuki musim penghujan. Karena itu dilakukan pembersihan sampah secara detail dan menyeluruh, terutama di bantaran sungai. Sehingga dapat mengantisipasi semua bencana. Jika terjadi curah hujan yang cukup tinggi. Semua juga merupakan perintah langsung dari komando atas dalam rangka menciptakan suasa lingkungan.bebas dari berbagai bencana.

“Jadi sebelum terjadi bencana, kita semua sudah mengantisipasi dengan sebaik mungkin. Sehingga pada saat debit air tinggi, tidak ada sampah yang menutupi aliran sungai tersebut. Karena itu, kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Jangan pernah membuang sampah di sembarang tempat, apalagi dibantaran sungai,” ungkapnya.

Menurut ia, pelaksanaan Karya Bakti ini, adalah sebagai bentuk kepedulian dari TNI, khususnya Koramil 0602-20/Pamarayan, dalam mengatasi setiap kesulitan masyarakat di musim penghujan. Tentunya, TNI akan selalu hadir dalam keadaan seperti apapun bersama masyarakat guna mengatasi permasalahan sampah.

“Setelah aliran sungai dibersihkan, kami minta kepada seluruh masyarakat agar tidak ada lagi terlihat sampah di aliran sungai. Karena memasuki musim penghujan seperti sekarang, dikhawatirkan akan menyebabkan terjadinya bencana banjir. Dimana proses pembersihan dilakukan pada Minggu 3/12/2023) dan akan dipantau terus permasalahan sampah yang ada di seluruh sungai,” tukasnya.

Hadir pula dalam kegiatan itu, Danramil 0602-20/Pamarayan, Kapten Inf Irwan Agustia dan anggota, Kapolsek Pamarayan, Iptu Priyanto, serta Anggota, Camat Bandung, Nursain S.Pd,. M.Pd beserta staf, Ketua KTNA Kabupaten Serang, Anani Syarif, Ketua KTNA Kecamatan Bandung, Tala, Ketua Gapoktan Kecamatan Bandung, Suminta dan Kades Malabar, Suhada S.Pd.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments