Google search engine
HomeBudayaDesa Binong Gelar Tradisi Budaya Ruwat Bumi dan Nawu Sumur Tujuh

Desa Binong Gelar Tradisi Budaya Ruwat Bumi dan Nawu Sumur Tujuh

Pemimpin Redaksi : Hairuzaman.

SERANG – Kabarexpose.com |

Desa Binong menggelar acara Ruwat Bumi Dan Nawu Sumur Tujuh. Acara tersebut digelar di halaman rumah Kepala Desa Binong, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Banten, Iyat Suryati, pada Minggu (8/9/2024)

Kepala Desa Binong, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Iyat Suryati, yang didampingi jajaran Pemerintahan Desa Binong, kepada awak media, mengatakan, terlaksananya acara ini berkat dukungan dari semua pihak panitia,  jajaran aparatur pemerintahan desa, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan khususnya masyarakat yang ada di wilayah Desa Binong.

Menurut Iyat, hal terpenting dalam acara ini yaitu untuk lebih mempererat tali silaturahmi antara warga. “Antusiasme warga saya sangat luar biasa untuk menggelar acara ini. Warga mempersiapkan hasil panen sawah dan ladangnya untuk ikut mensukseskan,” ucapnya.

Iyat menjelaskan, Ruwat Bumi dan Nawu Sumur Tujuh yang digelar hari ini bentuk wujud syukur kepada Alloh SWT. Sebelum digelar acara pentas Wayang Golek, yang dalangnya saya datangkan dari Bogor, Jawa Barat. untuk ikut memeriahkan acara ini,” kilahnya.

Kepala Desa Iyat,  menambahkan, mudah-mudahan di Desa Binong, juga ada untuk destinasi wisata ziarah sumur tujuh yang sebelum acara wayang golek digelar ada juga acara sakral yang disebut Nawu Sumur Tujuh. Acara ini saya laksanakan rutin setiap tahun bersama masyarakat. Hal ini untuk ikut merawat bersama-sama secara bergotong-royong.

“Saya juga mohon do’a dari semua pihak ke depannya wisata religi Sumur Tujuh akan kami tata agar lebih nyaman ketika dikunjungi oleh masyarakat. Baik itu dari daerah Pamarayan khususnya dan khalayak luas yang mau berkunjung ke Sumur Tujuh yang berada di wilayah Desa Binong,” ujar Kades.

Hal senada dikatakan Ketua RW 02, Usuf Sadewo. Menurut ia, di tahun berikutnya mudah-mudahan acara ini bisa digelar lebih meriah lagi. “Saya dan warga sangat mendukung dan antusias dengan acara ini dan merupakan kebanggaan bagi saya serta warga. Karena ini dilaksanakan hanya setahun sekali,” tukasnya

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments