Google search engine
HomeBudayaRuwatan Bumi, Potret Tradisi Unik Tahunan di Desa Pasir Kembang

Ruwatan Bumi, Potret Tradisi Unik Tahunan di Desa Pasir Kembang

Reportase : Nono / Sukardi

Editor  : Hairuzaman.

Pengantar Redaksi

Acara Ruwatan Bumi di Desa Pasir Kembang, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Banten, merupakan tradisi unik yang digelar setiap tahun sekali. Hal itu sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT, lantaran hasil panen yang melimpah. Untuk mengetahui lebih jauh tentang “Ruwat Bumi” Reporter Kabarexpose.com, Nono dan Sukardi, mewawancarai beberapa nara sumber. Berikut hasil petikan wawancara tersebut

SERANG – Kabarexpose.com |

Pemerintahan Desa Pasir Kembang, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang Provinsi Banten, menggelar acara kesenian dan budaya dalam rangka Ruwatan Bumi, dengan gelaran Wayang Golek, dengan menampilkan Ki Dalang, Agus Baskara dari Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu (24/8/2024).

Kepala Desa Pasir Kembang, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Saepudin didampingi Sekretaris Desa, Ramanjaya, Babinsa Koramil Pamarayan dan Bhabinkamtobmas Polsek Pamarayan, Polres- Serang, mengungkapkan, pihaknya mengucapkan’ terima kasih kepada Karang Taruna, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Masyarakat khususnya masyarakat.

Menurut ia, hal ini tidak akan terlaksana tanpa sinergititas. Baik,panitia dan semua elemen masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini. “Semoga di tahun mendatang acara ini bisa lebih meriah di tahun ini,” ujar Kades.

Saepudin menjekaskan, acara yang digelar hari ini, bentuk rasa syukur masyarakat dengan hasil panen yang melimpah. Selain itu untuk menjalin kedekatan antara Kepala Desa dan masyarakat agar silaturahmi antar warga selalu terjalin sehingga terbentuk rasa persatuan dan kesatuan.

Hal senada dikatakan Sekretars Desa Pasir Kembang, Ramanjaya. Menurut ia,, kegiatan ini sebuah acara “Ruwatan Bumi” yang dilaksanakan dalam se-tahun satu kali. Masyarakat yang ada di Desa Pasir Kembang sangat antusias menyambut acara ini, bahu-membahu untuk menyiapkan hasil panen mereka dengan penuh kegembiraan.

Masih menurut- Rarmanjaya,  adapun masyarakat membawa berbagai hasil sawah dan ladangnya mereka dengan suka rela menyiapkan semua kebutuhan untuk menyambut ruatan bumi.

“Sekali lagi kami Pemerintahan Desa Pasir Kembang sangat bersyukur dan bangga menjadi bagian yang dipercaya mengabdikan diri untuk kepentingan masyarakat Desa Pasir Kembang. Semoga acara yang kami gelar hari ini berjalan aman, lancar dan kita jaga selalu kondusifitas ,” tukas Sekdes

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments