Google search engine
HomeKhazanahPj Sekda Banten Usman Asshiddiqi Qohara Hadiri Peringatan Hari Santri 2024 Polda...

Pj Sekda Banten Usman Asshiddiqi Qohara Hadiri Peringatan Hari Santri 2024 Polda Banten

Reportase : Bayu Sukma Kelana
Pemimpin Redaksi : Hairuzaman

KOTA SERANG |bKabarexpose.com

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Banten Usman Asshiddiqi Qohara hadiri Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2024 di Markas Polisi Daerah (Mapolda) Banten, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang, Kamis (24/10/2024) malam.

Peringatan Hari santri yang digelar oleh jajaran Polda Banten ini dibalut dengan istighosah dan doa bersama sebagai upaya mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024 yang aman dan damai di Provinsi Banten. Kegiatan ini antusias dihadiri ribuan santri seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten, para tokoh agama, tokoh masyarakat serta masyarakat sekitar.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Banten Usman Asshiddiqi Qohara mengatakan, Peringatan Hari Santri merupakan momentum penting dalam menyoroti peran santri yang sangat berkontribusi mewariskan nilai keagamaan dan ilmu pengetahuan.

“Peringatan Hari Santri Nasional ini kita menyikapi pentingnya peran santri wariskan nilai-nilai keagamaan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ditambahkan Usman, Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2024 ini juga dimaknai semangat para santri untuk mewujudkan wilayah Provinsi Banten yang baldatun thoyyibatun warabbun ghofur.

“Peran santri diharapkan menjadi pilar peradaban sehingga membentuk karakter masyarakat Banten dalam meningkatkan iman, taqwa dan mendapatkan rahmat serta lindungan Allah SWT,” tambahnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa Peringatan Hari Santri Nasional ditetapkan Presiden Republik Indonesia ke 7 Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 Tentang Hari Santri Nasional yang ditetapkan setiap tanggal 22 Oktober, dimana pada 22 Oktober 1945 peran dan kontribusi Santri melakukan perlawan terhadap penjajah Belanda yang pada akhirnya melahirkan Indonesia merdeka melalui resolusi jihad oleh para santri dan ulama.

“Semangat juang tersebut harus terus ditumbuhkan oleh generasi saat ini agar negara dan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan sejahtera,” terangnya.

Kapolda Banten Irjen Pol Suyudi Ario Seto dalam sambutannya mengucapkan Selamat Memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2024 untuk seluruh santri di Provinsi Banten.

“Kepada Seluruh Santri di Provinsi Banten, saya selaku pimpinan Polda Banten mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional Tahun 2024. Kita maknai Hari Santri sebagai momentum penting mengenang para santri baik di era perjuangan kemerdekaan dan di era pembangunan,” ungkapnya.

Di kesempatan itu juga Kapolda Banten berpesan kepada seluruh santri untuk menjadi pelopor pemberantasan berita bohong (hoax) dan memberikan informasi yang benar di tengah masyarakat sehingga menciptakan Pilkada aman dan damai.

“Saya berharap santri perlu menjadi pelopor pemberantasan berita bohong (hoax) sehingga berkontribusi ciptakan Pilkada aman dan damai,” tegasnya.

Diharapkan santri menjaga kesatuan dan persatuan keutuhan bangsa dan menciptakan iklim yang kondusif pada penyelenggaraan Pilkada ini.

Ditambahkan, Peringatan Hari Santri Tahun 2024 di Polda Banten ini mengusung tema Dengan Semangat Hari Santri Nasional Kita Wujudkan Pilkada Aman dan Damai di Provinsi Banten Tahun 2024, tema yang diusung sangat relevan mengingat pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024, peran santri sebagai generasi penerus yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik diharapkan dapat menyikapi perbedaan pendapat ditengah masyarakat dengan bijaksana.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments