Google search engine
HomeHukumRehabilitasi Tahanan Upaya Rutan Serang Minimalisir Overkapasitas

Rehabilitasi Tahanan Upaya Rutan Serang Minimalisir Overkapasitas

Reportase:  Yuyi Rohmatunisa

Pemimpin Redaksi : Hairuzaman

SERANG- – KABAREXPOSE.COM |

Wawancara ekslusif bersama wartawan Yuyi Rohmatunisa, pada Jum’at, (27/09/2024), di Kantor Rutan Kelas IIB Serang, Reza Ikhwan Purnama, Kepala Pengamanan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Serang, menjelaskan situasi terkini di rutan yang kini berkapasitas hampir 570 tahanan. “Kami terus melakukan rotasi warga binaan ke lapas-lapas lain untuk mengurangi ,” katanya.

Reza juga menjelaskan, inovasi pelatihan yang diadakan, termasuk program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) yang dikelola bekerja sama dengan Muhammadiyah.

Ditegaskannya, Rutan berfungsi sebagai tempat perawatan. Berbeda dengan lapas yang lebih fokus pada pembinaan. Rutan saat ini menampung 35 tahanan perempuan dan sejumlah 535 tahanan laki-laki, dengan mayoritas kasus narkoba. Proses penerimaan tahanan dilakukan secara ketat untuk memastikan kesehatan mereka.

Reza menyoroti tantangan terbesar adalah menjaga keamanan dan ketertiban. “Kami menerapkan pendekatan persuasif untuk menciptakan suasana kondusif,” ujarnya. Layanan kunjungan bagi keluarga tahanan dilaksanakan dari Senin hingga Kamis, dengan harapan agar para tahanan dapat kembali diterima di masyarakat setelah menjalani hukuman.

Menghadapi masalah residivisme, Reza menegaskan, pentingnya rehabilitasi. Program rehabilitasi sosial telah dilaksanakan selama enam bulan untuk mengatasi ketergantungan obat.

“Kami berencana meningkatkan keterampilan tahanan, termasuk pelatihan untuk wanita dan pembuatan kopi untuk laki – laki,” tambahnya.

Protokol darurat juga telah disiapkan, bekerja sama dengan pihak keamanan terkait untuk menghadapi situasi darurat dengan cepat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments