Google search engine
HomeBudayaHarlah Desa Banjaran Wetan ke-46, Lestarikan Budaya Kearifan Lokal dan UMKM

Harlah Desa Banjaran Wetan ke-46, Lestarikan Budaya Kearifan Lokal dan UMKM

Reportase : A. Abdurrochim S. / Yani Sumiati.

Editor : Hairuzaman.

BANDUNG – Kabarexpose.com |

Melalui Hari Lahir (Harlah) Desa Banjaran Wetan ke-46 meluncurkan produk olahan dan kerajinan tangan serta melestarikan budaya kearifan lokal. Hal itu seperti pencak silat ,dan akan menghadirkan 5 paguron yang ada di Desa Banjaran Wetan, untuk membuka pada awal kegiatan harlah ke-46 tersebut. Dengan menampilkan berbagai kreativitas seni bela diri untuk menyemarakkan dan mensukseskan acara tersebut .

Kepala Desa Banjaran Wetan, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ujang Kusnadi, kepada wartawan, di lokasi mengatakan, untuk mengisi Hajat Lembur sekaligus hari ulang’ tahun yang ke-46 merupakan yang perdana.

Sehingga, lanjut Ujang Kusnadi, untuk menciptakan suasana yang meriah guna merayakan hari ulang tahun tersebut, kami sengaja akan menghadirkan para seniman-seniman dari seluruh paguron yang ada di Desa Banjaran Wetan.

“Ini merupakan bentuk kerjasama antara tokoh masyarakat, pemuda dari berbagai elemen masyarakat lainnya ikut dalam membangun desa. Bahkan animo masyarakat serta nilai-nilai kepedulian yang begitu tinggi terhadap budaya kearifan lokal. Di samping itu pula para pelaku produk UMKM. Kami akan undang untuk memperkenalkan dari para pelaku UMKM. Mulai usaha makanan olahan hingga kerajinan tangan dari masing-masing RW kami hadirkan,” bebernya.

“Melalui Hajat Lembur sekaligus memperingati hari jadi Desa Banjaran Wetan, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, yang ke-46 tahun 2024, menghadirkan puluhan prroduk olahan dan kerajinan tangan sekaligus guna melestarikan budaya kearifan lokal,” ujarnya.

Menurut Kades Ujang Kusnadi, salah’ satunya seperti pencak silat dan angklung. Tujuannya adalah untuk mendorong dan mendongkrak kembali’ para seniman dan budaya kearifan lokal bisa tumbuh serta bangkit kembali.dan dikenal secara luas di tengah-tengah masyarakat banyak.

Apa yang digagas oleh Kades Banjaran Wetan direspons dan didukung dengan penuh antusias oleh Camat Banjaran, Kasta Wiguna. Hal ini kita patut banggakan dan merupakan momentum yang sangat luar biasa, khususnya bagi warga Banjaran Wetan, bahwa potensi di Desa Banjaran wetan sangat luar biasa,

Bahkan harus bisa dimanfaatkan dan dikembangkan. Atas dasar melalui kepemimpinan Kades Ujang Kusnadi, yang baru saja beberapa tahun menjabat. Namun mampu mendongkrak popularitas Desa Banjaran Wetan.

“Tak ayal, sehingga masyarakat bisa memunculkan potensi-potensi yang ada dan akan menjadi daya jual. Mudah-mudahan ke depannya akan menjadi pusat kegiatan pemerintahan, kesenian.maupun kegiatan wisata. Dipastikan akan berfungsi serta bermanfaat untuk masyarakat banyak,” ujar Camat Banjaran, Kasta Wiguna

Camat Banjaran, Kasta Wiguna, sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas terobosan baru yang dilakukan oleh pihak Pemerintah Desa Banjaran Wetan dibawah kepemimpinan Ujang Kusnadi. “Kendati dalam kepemimpinannya baru 10 bulan. Akan tetapi, ia sudah memiliki motivasi yang sangat luar biasa,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments