Google search engine
HomeCatatan PojokHadi Tjahjanto, Masuk Kampung."Membelah" Hujan Gerimis

Hadi Tjahjanto, Masuk Kampung.”Membelah” Hujan Gerimis

Oleh :HAIRUZAMAN.

(Praktisi Pers dan Penulis Buku)

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional  (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, sampai saat ini terus berjibaku keluar masuk perkampungan penduduk di wilayah Provinsi Banten. Hal itu dilakukan untuk menyerahkan langsung sertipikat tanah program PTSL kepada para pemiliknya, sang menteri juga harus mengetuk pintu rumah penduduk satu per satu. Kendati kondisi hujan gerimis, namun tak menyurutkan langkahnya untuk menemui warga di pedesaan.

Hadi Tjahjanto pun bahkan sempat menerobos masuk ke perkampungan penduduk di Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang, Banten, di kala hujan gerimis. Ia pun sempat berdialog secara langsung dengan warga penerima sertipikat program PTSL tersebut. Sehingga sang menteri mengetahui persis kondisi perekonomian warga yang disambanginya.

Saat berdialog dengan warga penerima program PTSL, Menteri Hadi berharap agar warga dapat memanfaatkan sertipikat PTSL tersebut guna kegiatan ekonomi dengan mengagunkan sertipikat ke perbankan untuk modal usaha. Sehingga diharapkan akan menjadi katalisator ekonomi keluarga.

Menurut Hadi, sertipikat tanah itu bisa bernilai ekonomi. Sekaligus menjadi solusi ketika keluarga tengah dihimpit kesulitan ekonomi. Pasalnya, apabila sertipikat tanah itu dijadikan sebagai agunan ke perbankan, maka bisa mendapatkan kucuran dana segar berupa uang pinjaman yang menjadi modal Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (IMKM). Dimana UMKM saat ini tengah digalakkan oleh pemerintah agar tumbuh dan menjadi solusi dalam menopang ekonomi keluarga.

Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan salah satu program yang menfasilitasi pendaftaran sertipikat tanah bagi masyarakat. Melalui program PTSL, masyarakat tidak dipungut biaya atau diberikan secara gratis.

Tentu saja, kita pun berharap program pemerintah melalui PTSL itu akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat, spesifiknya yang berada di pelosok pedesaan dan termasuk dalam kategori ekonomi lemah. Sehingga perekonomian keluarganya akan mengalami peningkatan.

Kehadiran sosok Menteri Hadi Tjahjanto yang “membelah” hujan gerimis sore itu di wilayah Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang, Banten, didampingi Bupati Serang, Hj. Ratu Tatu Chasanah, disambut antusiasme warga setempat. Tak pelak lagi, bahkan ada warga yang merasa terkejut lantaran rumahnya dikunjungi langsung dan diajak berdialog oleh sang menteri kendati di kala kondiati cuaca tengah hujan gerimis. **

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments