Patut di Contoh , UPT SDN 4 Binong Gunakan Anggaran BOSDA , Buku LKS di Gratiskan

0
262

Kabupaaten Tangerang , Kabarexpose.com,  -Bantuan Operasional Sekolah Daerah yang selanjutnya disebut ( BOSDA ) adalah bantuan operasional sekolah yang berasal dari Pemerintah Daerah untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Satuan Pendidikan Dasar, Satuan Pendidikan Menengah, Sekolah Luar Biasa, Sekolah Keterpencilan, Kelas Olahraga, dan Pusat Kegiatan Belajar.

Salah satu sekolah yang mendapat dana BOSDA yaitu UPT Pendidikan SDN 4 Binong ,
yang berlokasi di Kp. Cijengir rt/01/03 , Kel.binong Kec.Curug , di sekolah tersebut Anggaran BOSDA yang diterima senilai Rp.13.000 per siswa dan di alokasikan untuk pembelian buku Lembar Kerja Siswa ( LKS ) sebanyak 6 buku per siswa , sehingga wali murid tidak perlu membayar lagi karena buku LKS di sekolah ini di gratiskan , hal ini dapat menjadi percontohan bagi sekolah lain , tetapi dengan nilai BOSDA Rp.13.000 per siswa apakah mencukupi dengan kebutuhan 6 buku per siswanya , karena perlu kita ketahui bahwa setiap 1 buku LKS kurang lebih seharga Rp.12.000 , Kamis 23/09/2021.

Pak ili selaku kepala Sekolah UPT SDN 4 Binong saat kami konfirmasi beliau menjelaskan ” Kalau untuk sekarang ini kami mendapat bantuan dari PEMDA melalui BOSDA dengan nilai Rp. 13.000 per siswa , jumlah siswa disini ada 499 siswa , dan sesuai dengan ketentuan penggunaanya yaitu untuk media pembelajaran dan ATK yang diberikan untuk siswa yang tidak mampu , salah satunya dari media pembelajaran yaitu digunakan untuk LKS dan semuanya di gratiskan , anggaranya dari BOSDA aja , kalau Dana BOS tidak ada peruntukanya ” Jelasnya.

” Kalau buku paket mengapa tidak di pinjamkan ke siswa karena belum bisa mencukupi , sedangkan LKS itu sekarang yang jumlahnya 6 buku tersebut adalah TEMA yang kandunganya sudah mencakup semua pelajaran , bukan per mata pelajaran ( MAPEL ) , satu buku ya satu TEMA , satu TEMA sudah mencakup beberapa materi , intinya tidak ada pungli , menyesuaikan anggaran yang ada aja , semuanya di gratiskan ” lanjut beliau.

Salah satu wali murid yang enggan disebutkan namanya membenarkan bahwa LKS untuk tahun ini di gratiskan ” Iya pak untuk tahun ini memang gratis , semuanya dapet 6 buku LKS dari sekolahan , maunya sih seterusnya gratis ” Singkatnya.

Sedangkan kepala Dinas terkait saat kami mencoba menghubungi lewat pesan Whattshapp belum ada jawaban / tidak ada balasan. (chy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here