Google search engine
HomeDinamikaUsman Asshiddiqi Qohara : "Perpustakaan Digital Kunci Pengembangan Minat Baca Masyarakat"

Usman Asshiddiqi Qohara : “Perpustakaan Digital Kunci Pengembangan Minat Baca Masyarakat”

Reportase : Yuyi Rohmatunisa

Pemimpin Redaksi: Hairuzaman

SERANGKABAREXPOSE.COM |

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten, Usman Asshiddiqi Qohara, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Pemerintah Kabupaten Serang dalam acara launching perpustakaan digital yang digelar di depan Kantor Bupati Kabupaten Serang, pada Rabu (11/9/2024)

Usman menekankan pentingnya minat baca yang harus dikembangkan melalui berbagai kegiatan. Menurut ia, perpustakaan bukan hanya tempat membaca, tetapi juga berperan penting dalam mencerdaskan masyarakat dan membentuk kepribadian yang cerdas.

“Perpustakaan saat ini harus bertransformasi menjadi lembaga yang berbasis inklusi sosial. Ini berarti perpustakaan harus memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat, seperti bedah buku, pemanfaatan limbah, dan berbagai program lainnya,” ujarnya seraya menambahkan, perpustakaan harus mampu memberikan manfaat yang konkret dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Usman menjelaskan, tentang layanan perpustakaan bergerak yang meliputi perpustakaan keliling, internet keliling dan film keliling. Ia menegaskan, perpustakaan tidak hanya berfokus pada baca tulis, tetapi juga turut serta dalam kegiatan sosial seperti trauma healing pasca bencana.

Dengan adanya integrasi perpustakaan digital melalui aplikasi seperti I Banten dan Banten Satu Pustaka, masyarakat kini dapat mengakses koleksi perpustakaan secara online. “Kami terus mengembangkan inovasi dan kolaborasi untuk mempermudah akses masyarakat terhadap koleksi perpustakaan, serta meningkatkan budaya literasi melalui pendaftaran dan peminjaman online,” tambah Usman.

Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan sebaik-baiknya dan berpartisipasi dalam pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments