Google search engine
HomeDinamikaPeringatan Sumpah Pemuda Ke-96, Dandim 0602/Serang Pimpin Upacara

Peringatan Sumpah Pemuda Ke-96, Dandim 0602/Serang Pimpin Upacara

Reportase : Aliudin.

Pemimpin Redaksi : Hairuzaman.

KOTA SERANG | Kabarexpose.com

Komando Distrik Militer (Kodim) 0602/Serang menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 di Lapangan Fatahillah, Makodim 0602/Serang, pada Senin (28/10/2024).

Upacara dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0602/Serang, Kolonel Inf Mulyo Junaidi, sebagai Inspektur Upacara.

Dalam amanatnya, Dandim 0602/Serang menyampaikan pesan dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI, yang menekankan pentingnya peristiwa Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Pada saat itu, para pemuda Indonesia dari berbagai latar belakang bersatu untuk memperjuangkan kemerdekaan, menunjukkan tekad kuat untuk mewujudkan Indonesia yang bersatu di tengah keberagaman.

Peringatan Sumpah Pemuda tahun ini juga memiliki arti khusus karena bertepatan dengan masa transisi menuju pemerintahan baru yang akan memandu bangsa dalam pencapaian target pembangunan jangka menengah hingga jangka panjang pada tahun 2045. Tujuan akhirnya adalah terwujudnya Indonesia Emas, yaitu Indonesia yang maju, sejahtera, dan lebih kuat di kancah global.

Dandim 0602/Serang menambahkan bahwa peringatan ini juga menjadi momen untuk menaruh perhatian pada agenda penting pembangunan nasional, termasuk kontribusi Indonesia dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Saat ini, Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Indonesia mencapai 56,33%, dengan rincian capaian pada aspek pendidikan sebesar 70%, kesehatan dan kesejahteraan sebesar 65%, gender dan diskriminasi sebesar 45%, serta partisipasi dan kepemimpinan sebesar 43,33%.

Peringatan Sumpah Pemuda 2024 mengangkat tema “Maju Bersama Indonesia Raya” sebagai simbol tekad untuk memajukan seluruh elemen kepemudaan guna mewujudkan Indonesia yang besar dan sejahtera. Upaya ini dilakukan melalui langkah-langkah pemajuan yang serentak, sinkron, dan terkoordinasi baik di tingkat pusat maupun daerah.

Upacara berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat kebangsaan, menegaskan, kembali komitmen untuk melanjutkan perjuangan para pemuda di masa lalu, serta mewujudkan cita-cita bangsa yang lebih maju dan sejahtera.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments